Pengusaha atau pemilik bisnis di era digital, sudah sepatutnya mempertimbangkan Pinterest untuk pemasaran. Platform media sosial berbagi ide terbesar di dunia ini memiliki kekuatan di bidang konten visual.

Terutama bagi perusahaan yang ingin memasarkan brand atau produk di antara pemasaran B2B. Namun, apakah benar Pinterest bermanfaat untuk brand bisnis Anda? Teruslah membaca untuk mengetahui 5 alasan terbaik yang perlu Anda pertimbangkan dalam Pinterest Marketing:

1. Turut andil dalam mempengaruhi audiens agar membeli produk Anda

Para pengguna Pinterest cenderung loyal dan paling sering terlibat. Bayangkan saja, dalam satu hari ada begitu banyak gambar dan foto yang bisa Anda lihat untuk menambah inspirasi baru.

Keterlibatan ini tidak hanya dalam bentuk pin atau browsing gambar. Tetapi, mayoritas pengguna Pinterest juga sangat bergantung pada platform untuk mendapatkan info yang mempengaruhi keputusan pembelian.

Menurut penelitian oleh Millward Brown, hampir 87% pengguna Pinterest telah membeli suatu produk karena Pinterest.

Sedangkan sekitar 93% orang telah memakai Pinterest untuk merancang pembelian di masa mendatang. Ini adalah peluang emas bagi brand Anda dalam pemasaran digital.

2. Menetapkan standar penjualan lewat platform media sosial dengan Pin Buyable

Dengan fitur Pin Buyable, penjual memiliki kesempatan yang belum pernah ada di platform lain untuk menjual secara langsung.

Jika Anda mengaktifkan fitur Pin Buyable, maka nantinya pengguna akan melihat tombol “Beli” pada semua pin yang sudah terpasang.

Hebatnya lagi, fitur ini tidak dikenakan biaya dan mudah diterapkan. Hanya saja, sementara ini hanya tersedia untuk para pengguna Shopify dan Demandware.

  1. Pinterest tidak membutuhkan kehadiran aktif di platform

Berbeda dengan situs jejaring sosial lain, Pinterest tidak membutuhkan investasi waktu yang signifikan.

Lalu lintas dan penjualan bisnis Anda tetap berjalan meski jumlah kerja Anda di platform ini minim.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan akun Pinterest begitu saja. Tetap pastikan Anda memiliki gambar yang mudah disematkan oleh pengguna Pinterest lain dan pasang tombol Pin di situs web brand Anda.

  1. Pinterest memiliki nilai pesanan rata-rata yang lebih tinggi daripada Facebook
    Jika dibandingkan Facebook, Pinterest memiliki nilai pesanan yang lebih tinggi. Mengingat Facebook yang membanggakan tingkat konversi lebih tinggi daripada lalu lintas di Pinterest, namun tetap saja, Pinterest jauh lebih unggul dari nilai pesanan.

Seperti yang dirilis oleh Shopify, nilai pesanan rata–rata dari lalu lintas referal Pinterest adalah $58,95. Lebih tinggi 3,95 dolar daripada Facebook yang hanya meraup angka $55.

  1. Pengguna Pinterest terbuka untuk pemasaran brand

Menurut penelitian Ahalogy, terbukti bahwa para pengguna Pinterest tertarik untuk terhubung dengan brand di platform.

Jika ditanya siapa selebriti atau brand yang paling disukai dan paling ingin diikuti? Berikut adalah jawaban para pengguna Pinterest:

  • 73% pengguna mengatakan mereka lebih suka mengikuti brand produk kecantikan favorit mereka daripada make-up artis favorit mereka.
  • 67% mengatakan mereka akan lebih memilih untuk mengikuti brand produk bayi favorit mereka daripada pakar kesehatan bayi dan anak.
  • 70% mengatakan mereka lebih suka mengikuti brand produk perawatan rambut favorit mereka daripada stylist favorit mereka

Wah, ternyata Pinterest terbukti bisa meningkatkan pemasaran brand Anda melalui jaringan media sosial. Jadi, apakah brand bisnis Anda sudah ada di Pinterest? Jangan lupa, tinggalkan komentar Anda ya..