Bagaimana Anda menggunakan Facebook selama ini? Apa itu Facebook Ads? Apakah Anda memanfaatkannya untuk menjalin pertemanan di dunia maya saja?
Selama beberapa tahun terakhir, penggunaan Facebook telah mengalami pergeseran.
Tak hanya untuk menjalin pertemanan, kini Facebook telah menjadi sarana yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Secara khusus, menyediakan fitur Facebook Ads untuk keperluan ini.
Table of Contents
Apa Itu Facebook Ads
Facebook Ads adalah sebuah fitur yang diluncurkan oleh Facebook. Fitur ini disediakan untuk mengiklankan atau mempromosikan Fans Page atau konten di dalam Fans Page. Fans Page bisa dibuat oleh siapa saja. Biasanya Fan Page dibuat dan dikelola oleh perusahaan-perusahaan, produk layanan, komunitas, brand, pembicara, penulis, dan beragam bisnis yang ingin mempromosikan diri.
Facebook Ads termasuk jenis iklan self service advertising. Anda bisa merancang iklan sendiri, mengatur dengan spesifik jangkauan iklan dan melakukan pembayaran sendiri atas iklan tersebut. Facebook Ads bisa dipakai oleh siapa saja, mulai dari usaha kecil, jasa perorangan, brand-brand baru hingga perusahaan-perusahaan besar.
Mengapa Harus Mengunakan Facebook Ads?
Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Facebook Ads terus mengalami penyempurnaan. Facebook sebagai sebuah social media, melakukan banyak riset agar mereka yang menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika Anda masih ragu-ragu untuk memakai layanan iklan tersebut, simak 5 alasan menggunakannya berikut ini.
1. Iklan Tertarget
Iklan yang efektif adalah iklan yang mampu membidik target pasar dengan tepat sehingga konsumen-konsumen baru bisa terjaring. Facebook Ads mewujudkan semua ini melalui pengaturan Audience. Pada pengaturan ini Anda bisa menentukan dengan spesifik target pasar mulai dari usia, wilayah, minat, jenis kelamin, status pernikahan, pendidikan, perangkat yang digunakan dan lain sebagainya. Dengan pengaturan ini, iklan Anda akan tepat sasaran.
2. Format Iklan yang Lengkap
Tampilan iklan haruslah mampu menarik perhatian. Untuk itu, Facebook Ads menyediakan format iklan berupa teks, gambar dan video. Tak hanya itu saja, seiring perkembangan teknologi kini juga menyediakan format iklan Carousel yang memungkinkan Anda untuk membuat slide iklan dari beberapa foto atau video dan format iklan Canvas yang menarik dan interaktif pada perangkat mobile. Dengan beragam pilihan format iklan ini, Anda bisa semakin kreatif membuat iklan yang berdaya jual.
3. Apa itu Facebook Ads dan berapa Biaya Iklan yang Terjangkau
Bukan rahasia lagi jika pengeluaran untuk biaya iklan menjadi salah satu pengeluaran yang paling besar dalam sebuah bisnis. Tetapi di sini, Anda akan mendapati biaya iklan yang sangat terjangkau. Anda bisa menetapkan anggaran maksimal dan memegang kendali atas anggaran yang telah ditetapkan tersebut. Tersedia anggaran iklan harian dan anggaran iklan selama kampanye yang bisa diubah sewaktu-waktu. Adapun kisaran biaya iklan minimal yang dipatok Facebook Ads mulai dari $0.5 hingga $ 1 atau setara dengan Rp. 7.000 hingga Rp. 14.000,-
4. Cocok untuk Promosi Usaha Offline ataupun Online
Apakah Anda ingin mendatangkan banyak pengunjung ke toko offline Anda? Atau, apakah Anda ingin mempromosikan website toko online? Facebook Ads bisa dipakai untuk kedua tujuan tersebut. Anda bisa mempromosikan toko offline dengan jangkauan iklan lokal sehingga semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan toko offline tersebut.
Sedangkan untuk website toko online, Anda bisa mengatur agar iklan mengarahkan pengunjung masuk ke dalam website toko online tersebut. Sangat menarik untuk dicoba, bukan?
5. Apa itu Facebook Ads dan Bagaimana Efek Viralnya
Dari tahun ke tahun jumlah pengguna Facebook terus bertambah. Saat ini Indonesia menempati posisi teratas di kawasan Asia Tenggara sebagai negara dengan jumlah pengguna terbanyak. Total jumlah pengguna di Indonesia sekarang ini 130 juta akun dan tentunya jumlah ini akan terus bertambah. Karena itu, memasang iklan di sini menjadi pilihan yang tepat.
Ketika iklan Anda dilihat oleh seorang pengguna dan mereka menyukainya dengan memberikan LIKE, maka iklan tersebut akan muncul di lingkaran pertemanan pengguna tersebut. Dengan demikian iklan Anda akan menjadi viral dan semakin banyak orang yang melihatnya. Iklan Anda juga bisa dibagikan dengan fasilitas Share sehingga lebih banyak lagi orang yang bisa melihatnya.
Nah, apakah sekarang Anda telah memahami apa itu Facebook Ads? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?
Dengan 5 alasan menggunakan tersebut, rasa-rasanya Anda tak perlu lagi ragu-ragu untuk mencoba. Dengan fitur ini, bisnis Anda akan berkembang pesat dan penghasilan pun akan meningkat.