Kategori
Linkedin Marketing indigital manfaat seo

Apakah Branding Anda Sukses di LinkedIn? Begini 5 Cara Mengetahuinya

Kekuatan brand Anda mempengaruhi strategi pemasaran dan penjualan bisnis. Semakin dekat merek Anda dengan audiens, maka semakin besar peluang kesuksesan Anda. Nah, sangat penting buat Anda untuk membangun keahlian Anda menggunakan LinkedIn sebagai pusat pencitraan brand.

Kuncinya adalah brand Anda mudah ditemukan dalam penelusuran dan mengembangkan konten sesuai pesan yang ingin disampaikan melalui LinkedIn.

Lalu, bagaimana langkah Anda membangun brand di LinkedIn selama ini telah sukses? Berikut 5 cara mengetahuinya.

1. Profil Views

Semakin sering profil LinkedIn Anda muncul dalam hasil pencarian, audiens akan lebih mudah mengenal brand dan bisnis Anda.

Menurut laporan LinkedIn, sekitar 40% profil pengguna tidak lengkap. Jadi, jangan sampai Anda termasuk kelompok itu.

Lengkapi informasi utama, serta ciptakan profil bisnis yang tampak profesional dan elegan. Tak lupa, tambahkan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan hasil penelusuran profil.

Semakin sering Anda ditemukan lewat kolom pencarian/ penelusuran, maka pencitraan personal brand Anda akan meningkat.

2. Jumlah rekomendasi

Indikasi kesuksesan branding selanjutnya bisa dilihat dari jumlah rekomendasi yang diberikan klien, kolega, rekan kerja atau karyawan bisnis Anda.

Ini adalah cara efektif menampilkan etika dan kecakapan bisnis, serta menyoroti pencapaian Anda. Jika Anda masih minim dalam hal ini, cobalah menghubungi pelanggan atau perusahaan lama agar bisa menuliskan testimonial yang bersinar.

Semakin positif dukungan Anda, semakin besar rangkingnya dengan calon klien atau mitra baru.

3. Kapasitas networking

Setiap koneksi yang Anda miliki di LinkedIn bisa menciptakan ribuan kontak baru. Setiap kali Anda terhubung dengan seseorang, Anda bisa menambah koneksi tingkat ke-2 dan ke-3.

Untuk koneksi tingkat pertama, networking diharuskan sekitar 500+ orang. Buatlah konten yang berkualitas, dan setiap kali ada yang mengeklik konten Anda, cobalah berinteraksi dengan mereka.

Kontak jaringan tingkat ke-2 atau tingkat ke-3 yang telah melihat konten yang sudah Anda posting.

Apabila mereka tertarik untuk mengklik konten Anda dan meminta terhubung, maka ini sebuah indikasi bahwa branding Anda di LinkedIn sukses mempengaruhi audiens.

4. Jumlah dukungan “keterampilan dan keahlian”

Teman Anda bisa merekomendasikan pekerjaan untuk Anda, sekaligus mengkonfirmasi tingkat keterampilan dan keahlian yang Anda miliki.

Kata kunci ini bisa meningkatkan hasil pencarian yang relevan dengan profil Anda. Semakin banyak dukungan untuk keahlian tertentu, maka akan semakin mengangkat Anda ke posisi teratas.

Jadi, tingkatkan kredibilitas Anda dan jangan lupa secara aktif mendukung koneksi Anda.

Fitur LinkedIn “keterampilan dan keahlian” ini akan menjadi pendorong hasil pencarian Anda dan memberikan rating yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, jika ada seseorang yang menelusuri berdasarkan jumlah dukungan “Keterampilan dan Keahlian”, maka hasil penelusuran akan menampilkan profil Anda di posisi teratas hasil pencarian.

5. Jumlah permintaan terhubung baru bertambah

Semakin aktif Anda, maka semakin banyak permintaan koneksi yang akan diterima. Aktivitas rutin yang bisa dilakukan seperti terlibat dalam diskusi grup, memposting konten pembaruan yang bermanfaat, berbagi postingan orang lain, dan sebagainya.

Selain itu, hal – hal lain yang Anda lakukan di luar LinkedIn, seperti webinar, blogging atau platform media sosial lain, juga dapat memicu peningkatan jumlah orang yang ingin terhubung dengan Anda.

Pengguna senang terhubung dengan para profesional yang berkaitan dengan bisnis Anda. Mereka ingin menambah pengetahuan dan terhubung dengan orang lain yang dianggap lebih kompeten.

Ikuti cara sederhana di atas untuk melihat sejauh mana keberhasilan branding Anda di LinkedIn dan apakah orang lain bisa menemukan profil Anda dengan mudah.

Semoga berhasil.