Bagaimana sih cara promosi online untuk UMKM di Indonesia yang paling efektif dan manjur?
UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia tak bisa dipandang remeh. UMKM mendominasi 99% aktivitas bisnis di negara ini dan tersebar merata di berbagai daerah. Lebih dari 107,6 juta orang terserap sebagai pekerja di sektor produktif ini.
Sayangnya 59,2 juta UMKM belum memanfaatkan cara promosi online di era modern ini sehingga kurang berkembang dengan optimal. Berikut ini 5 alasan pentingnya promosi online untuk UMKM.
Table of Contents
Bisa Menjangkau Pasar Mancanegara
Sebagian besar UMKM masih memasarkan produk-produk mereka secara konvensional. Sudah saatnya UMKM mencoba promosi online. Sebab promosi online menjadi cara cepat dan murah untuk meluaskan jangkauan pasar bahkan hingga ke mancanegara. Anda sebagai pelaku UMKM bisa memasarkan produk-produk melalui website, media sosial dan marketplace.
Manfaatkan pula fitur iklan berbayar di media sosial dengan biaya yang sangat terjangkau. Misalnya saja fitur Facebook Ads yang disediakan Facebook. Fitur beriklan ini akan membantu Anda mempromosikan produk ke wilayah-wilayah tertentu termasuk ke negara-negara di luar Indonesia.
Menghemat Biaya Promosi Produk
Memasarkan produk secara konvensional menuntut UMKM untuk mendirikan atau menyewa gerai, mencetak spanduk, membuat brosur dan peralatan promosi lainnya. Tentu saja itu semua membutuhkan biaya yang tak sedikit.
Bagi UMKM yang memiliki keterbatasan modal, maka cara promosi online menjadi solusi. Promosi online melalui media sosial, blog dan marketplace membutuhkan biaya yang terbilang kecil. Anda tidak perlu mencetak brosur dan spanduk, tidak perlu mempekerjakan sales marketing, dan juga tidak perlu membayar sewa gerai.
Promosi online mampu meningkatkan omzet penjualan dengan biaya yang ekonomis.
Persyaratan yang Mudah
Jangan membayangkan kerumitan saat melakukan promosi secara online. Sebab kenyataannya promosi online terbilang mudah dilakukan. Misalnya saja untuk membuka akun di media sosial dan membangun sebuah blog, Anda hanya membutuhkan sebuah alamat email saja dan mengisi data yang dibutuhkan. Lalu dalam beberapa menit, akun-akun di media sosial dan blog sudah berada dalam keadaan aktif dan siap digunakan untuk berpromosi.
Sementara itu untuk promosi online di marketplace seperti bukalapak atau tokopedia, Anda diharuskan melampirkan foto KTP, alamat email, nomor telepon, nomor rekening dan mengisi data yang diminta.
Setelah melengkapi syarat-syarat tersebut, Anda pun bisa segera memajang foto produk untuk dipasarkan secara luas. Sangat mudah, bukan?
Cara Promosi Online Yang Efektif Tanpa Henti
Berapa jam waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan promosi konvensional? Promosi konvensional dibatasi oleh waktu. Umumnya, promosi hanya bisa dilakukan di hari-hari kerja saja dan di waktu-waktu tertentu.
Berbeda dengan promosi online, Anda bisa melakukannya setiap saat bahkan tanpa harus keluar dari rumah.
Promosi online melalui media sosial, blog atau website dan juga marketplace berlangsung 24 jam penuh selama 7 hari dalam seminggu. Artinya, produk-produk UMKM yang dipasarkan secara online bisa dilihat konsumen setiap waktu.
Di hari-hari libur pun konsumen tetap bisa berbelanja produk-produk Anda. Efeknya, tentu saja omzet akan melonjak.
Bersaing di Pasar Global
Jika UMKM tidak memanfaatkan promosi online, maka perlahan tapi pasti akan tergilas kuatnya persaingan global. Produk-produk murah dari mancanegara yang bisa dengan mudah diperoleh secara online akan menenggelamkan produk-produk UMKM.
Karena itu para pelaku UMKM harus mau menggunakan promosi online agar produknya dikenal luas dan bisa dipesan oleh konsumen dari berbagai daerah dengan mudah melalui internet.
Nah, itulah 5 alasan pentingnya promosi online untuk UMKM. UMKM sebagai salah satu penggerak perekonomian Indonesia harus mengikuti perkembangan zaman agar bisa tetap bertahan dan berkembang. Promosi online akan membantu UMKM tumbuh pesat dan menyerap lebih banyak tenaga kerja.