Kategori
Pinterest Marketing indigital seo adalah

Pinterest Bikin Brand Anda Terkenal… Ini Dia 5 Tipsnya

Platform berbagi ide dan inspirasi, Pinterest, kini telah mengubah kehidupan banyak blogger. Pada awalnya, para blogger yang hanya menulis catatan harian atau artikel, sekarang dapat mendulang pundi – pundi penghasilan dari Pinterest. Bahkan, Pinterest dapat disulap menjadi saluran pemasaran brand bisnis.

Pinterest bisa membantu Anda membangun komunitas followers Anda, meningkatkan jumlah pengunjung situs web atau blog perusahaan, hingga akhirnya bisa memberikan penghasilan yang lebih gemilang.

Pertanyaan seperti “Bagaimana agar lebih banyak audiens yang melihat pin Pinterest saya?”, atau “Berapa ukuran ideal yang harus dipakai untuk pin saya?”, adalah beberapa pertanyaan yang sering didengar dari pengguna.

Nah buat Anda yang menggunakan Pinterest untuk tujuan bisnis. Untungnya, Sarah Hoople Shere, selaku Kepala Pemasaran Produk, akan menjawab semua rasa penasaran dan keingintahuan pengguna Pinterest dengan beberapa tips berikut.

Lima Pin Awal yang Dipasang Mulai Pukul 12.00 Seharusnya Menjadi Konten yang Paling Banyak Dilihat

Pinterest memiliki cara unik untuk menggaet lebih banyak audiens Anda. Ketika login ke Pinterest, Anda bisa melihat 5 pin awal yang bervariasi dari orang – orang yang Anda ikuti (follow).

Pinterest akan membagikan 5 pin pertama yang disematkan pada hari itu oleh orang – orang yang Anda follow. Pin ini akan terus berputar dan berlanjut ke 5 pin milik orang berikutnya, dan seterusnya.

Untuk itulah, sebagai seorang blogger, 5 pin awal setiap hari sangat penting. Jadi, jangan lupa berbagi 5 pin awal dengan konten–konten brand yang menarik.

Jika Gambar di Papan Sama, Ubah Deskripsinya

Ada kalanya, Anda ingin menyematkan gambar yang sama ke papan yang sama. Sarah menyarankan bila hal ini terjadi, sebaiknya Anda menyertakan deskripsi yang berbeda.

Kendati menggunakan gambar atau papan yang sama, setidaknya ada yang membedakan dan memberikan ciri khas otentik di bagian deskripsi.

Alternatifnya, Anda juga bisa membuat papan ini terpisah sehingga pembaca tidak menatap papan dengan konten duplikasi yang terlihat jelas.

Utamakan Views Daripada Followers

Dengan penambahan fitur Follow, jangan terlena memburu lebih banyak audiens. Pasalnya, akan lebih efektif memiliki audiens yang aktif daripada jumlah pengikut yang banyak.

Audiens yang aktif akan lebih mudah diajak terlibat dalam kampanye melalui Pinterest. Seperti mengunjungi blog perusahaan, laman Facebook, buletin, atau bahkan mencoba langsung promo-promo yang sudah ditawarkan.

Gunakan Hashtag di Deskripsi Pin Anda

Hashtag memegang peranan penting dalam hasil penelusuran. Pin Pinterest kini bisa ditambahkan hingga 20 hashtag yang relevan.

Patut diingat, gunakan hashtag yang berkualitas daripada hanya mengutama kuantitas. Salah satu cara ideal untuk hal ini adalah menetapkan tema.

Sehingga Anda bisa memilih kata kunci yang tepat dan sesuai untuk dimasukkan ke dalam deskripsi pin Anda.

Ukuran Gambar Terbaik 600 x 900 piksel

Satu gambar yang berkualitas, bisa mengatakan sejuta kata bermakna. Nah, mendukung hal ini, buatlah infografis atau gambar yang bisa menangkap lebih banyak pasang mata.

Sarah menjelaskan bahwa pada saat ini, ukuran gambar yang optimal adalah 600 x 900 piksel dengan rasio 2:3.

Di samping beberapa tips di atas, Sarah juga memberikan saran agar Anda melakukan hal berikut:

  • Pastikan untuk menyimpan pin secara teratur dengan BoardBooster
  • Miliki Akun Bisnis
  • Pastikan untuk mengklaim situs web brand Anda

Satu lagi, jangan hanya terpaku pada jumlah pengikut, tapi pastikan bahwa profil Anda juga dapat dibagikan dengan mudah dengan 3 kriteria tersebut

Berapa ukuran ideal Pin? Bagaimana memberikan teks deskripsi yang benar?

Para pakar menyarankan aspek rasio ideal untuk Pin vertikal adalah 2:3. Sedangkan, lebarnya 600 piksel dan tingginya 900 piksel.

Jika Anda memiliki gambar persegi, maka gunakan ukuran 600 piksel x 600 piksel. Pastikan agar Pin tidak melebihi rasio 2 : 3 karena akan terpotong atau tidak mendapatkan porsi yang sering didistribusikan.

Tak hanya itu, jika gambar Anda tidak memberikan konteks yang memadai, tambahkan sedikit deskripsi pada gambar untuk membantu menyampaikan informasi Anda.

Saat orang menemukan ide yang ingin mereka coba di Pinterest, mereka akan mengekliknya. Jadi, ingatlah agar Pin Anda “ramah pengunjung” dan memiliki tautan langsung menuju situs web brand Anda.

Tambahkan juga deskripsi yang baik, detail dan gambar yang menarik. Pin yang ditambahkan deskripsi akan meningkatkan jumlah klik dan pemasaran brand Anda.

Manfaatkan juga call to action seperti “beli”, “temukan”, “buat”, atau “berbelanja”.

Nah, itu dia beberapa tips untuk memaksimalkan brand Anda di Pinterest.

Kami juga ingin mendengar bagaimana komentar Anda tentang tips ini. Jangan ragu untuk meninggalkan masukan dan tips tambahan lainnya di kolom komentar ya..