Kategori
Google Ads Adwords manfaat seo

Apa Pentingnya Membangun Pondasi Struktur Google AdWords?

Merancang iklan di Google atau Adwords membutuhkan sedikit trik dan keterampilan agar promosi bisa berjalan lebih efektif. Salah satu kunci sukses membuat iklan Adwords adalah membangun akun terstruktur sebagai pondasi.

Akun struktur Google AdWords sebenarnya sangat penting untuk menciptakan keberhasilan dan efisiensi dalam kampanye iklan. Pasalnya, Anda pasti ingin iklan Anda tampil jika seseorang sedang mengetik salah satu kata kunci yang relevan.

Struktur Adwords ini tidak permanen alias bisa berubah dan berkembang seiring waktu. Tapi, apa pentingnya membangun pondasi struktur Google Adwords?

Mengapa Struktur Akun Iklan Google Sangat Penting?

Alasannya cukup sederhana. Ada banyak hal yang harus direncanakan sebelum memasang iklan Adwords. Misalnya saja, kapan Anda ingin iklan tersebut muncul? Atau dimana iklan tersebut ingin ditampilkan?

Jika Anda tidak memiliki rancangan iklan yang terstuktur, sama halnya seperti mengendarai mobil tak terarah atau tanpa tujuan. Beberapa manfaat yang diperoleh jika Anda memiliki iklan yang terstruktur antara lain:

a. Lebih mudah ditemukan audiens dari mesin pencari

Buatlah agar iklan mudah ditelusuri atau ditemukan audiens melalui mesin pencari. Pada akhirnya, iklan akan lebih efektif dan budget yang harus dikeluarkan juga relatif lebih rendah.

b. Membuat Anda lebih fokus mengoptimalkan iklan

Jika akun tidak terstruktur, Anda akan sulit fokus bahkan lebih mudah menyerah saat iklan tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Jadi, tetaplah terorganisir saat menyusun akun iklan Google Adwords.

6 Komponen Penting dari Struktur Akun Iklan Google

Sangat penting bagi Anda untuk memahami apa saja komponen struktur membangun iklan Adwords. Sebelum memulai, simak dasar – dasar berikut:

1. Kampanye

Biasanya, pemilik bisnis akan memiliki beberapa kampanye dengan tema yang luas. Setiap kampanye berisi grup iklan dengan kata kunci yang relevan ke iklan teks dan langsung mengarah ke landing page. Rencanakan apa topik kampanye berdasarkan pembagian budget marketing.

2. Grup Iklan

Di bawah masing – masing kampanye, ada grup iklan yang lebih spesifik. Grup iklan sebaiknya mengandung tidak lebih dari 10 – 20 kata kunci.

3. Kata kunci

Kata kunci termasuk dalam setiap grup iklan. Jika ada seseorang yang mengetik kata kunci di kotak pencarian Google, hasilnya akan dicocokkan dengan kata kunci pada Adwords.

Setiap kata kunci akan memiliki : Max CPC, match type, dan quality score. Optimalkan strategi kata kunci Anda dari waktu ke waktu.

4. Teks iklan

Teks ini sebenarnya yang akan muncul ketika iklan Anda ternyata cukup relevan dengan hasil pencarian Google.

Setiap grup iklan setidaknya harus memiliki 2 – 3 iklan yang mengarah ke halaman landing yang sama.

5. Landing page

Terakhir, tapi tak kalah penting, soal landing page atau laman landas. Laman ini menjadi pusat kampanye yang penting dalam pemasaran bisnis Anda.

Dari halaman ini, Anda ingin mengajak audiens yang sedang berlalu lintas di internet untuk mengunjungi situs web Anda.

Tentunya, agar landing page ini bisa efektif meningkatkan penjualan, desain landing page harus dibuat serapi mungkin.

Masukkan kata kunci pada judul dan teks, kemudian pilih warna yang komplementer dan kontras.

**

Sangat penting untuk merancang iklan Adwords yang terstruktur. Karena Anda hanya memiliki waktu sekitar 5 detik untuk membuat audiens tertarik, bahkan benar- benar membeli produk Anda.