Kategori
Cara Promosi Digital Marketing faktor seo

20 Cara Ampuh dalam Promosi Online Ini Terbukti Mampu Mendongkrak Penjualan Anda

Membangun sebuah bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tentunya, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya secara matang.

Mulai dari menentukan bidang apa yang Anda sukai sekaligus Anda kuasai, Berpikir out of the box. Mempersiapkan visi dan misi yang jelas. Persiapan menghadapi resiko terburuk, melihat peluang bisnis. Memilih cara promosi terbaik dan menentukan target pasar. Sampai dengan mempersiapkan modal usaha.

Di antara poin tersebut, promosi adalah bagian yang paling krusial dalam bisnis Anda. Jika Anda ingin menjangkau konsumen lebih luas, Anda bisa menggunakan opsi promosi online.

Sayangnya, tidak semua promosi online berjalan mulus sesuai harapan. Beberapa diantaranya tidak berhasil bahkan memilih untuk berhenti menggunakan promosi online. Padahal, bukan aksi promosi onlinenya yang salah, melainkan kurangnya strategi dalam perencanaannya.

Mau tahu bagaimana cara ampuh dalam promosi online yang terbukti mampu mendongkrak penjualan Anda?

Table of Contents

Tetapkan Tujuan Promosi Online Anda

Sebelum memulai suatu promosi online, Anda perlu menentukan tujuan. Nah ini dia beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan:

Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Ada 3 cara cepat meningkatkan jumlah pelanggan, yaitu temui orang dari berbagai kalangan, gunakan teknologi, dan buatlah sebuah kompetisi atau lomba berhadiah dengan pertanyaan seputar produk Anda.

Menambah Jumlah Stok Persediaan Barang

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menambah jumlah stok persediaan barang adalah dengan mengetahui berapa jumlah stok persediaan barang yang ada, kapan dan berapa jumlah barang yang akan dibeli, serta kapan perusahaan yang bersangkutan akan datang untuk membeli kembali.

Meningkatkan Repeat Order agar pembeli mau datang dan membeli lebih banyak lagi

Dapat dilakukan dengan cara membangun kepercayaan dengan pelanggan, mengadakan keanggotaan (membership), memberikan kejutan berupa diskon atau promo buy 1 get 1 free.

Buat Desain yang Sesuai untuk Promosi Online Anda

Desain merupakan salah satu faktor penting yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu promosi online. Membuat desain yang sesuai untuk promosi online dapat dilakukan dengan cara:

Pilih dan Gabungkan Beberapa Desain yang Relevan dengan Brand Anda

Pilih beberapa gambar desain yang sesuai dengan brand produk Anda, kemudian gabungkanlah menjadi sebuah desain yang dapat mendeskripsikan produk Anda secara keseluruhan.

Gunakan Media Sosial Seperti Situs Website, Facebook, dan Instagram Sebagai Media Promosi Online Anda

Untuk mempromosikan produk secara online, Anda dapat menggunakan opsi media sosial, seperti situs website Anda, facebook, dan Instagram.

Sederhanakan: Pastikan Rentang Tanggal dan Informasi Relevan Lainnya (call to action)

Semua desain promosi online tidak harus mencolok. Kesederhanaan justru membuat desain tersebut menjadi semakin menarik. Namun, Anda juga tetap harus memastikan rentang tanggal promosi online dan informasi penting lainnya.

Gunakan Iklan Carousel di Facebook Ads dan Instagram Ads

Format iklan carousel dapat menjadi pilihan bijak bagi promosi online Anda, karena memungkinkan para pembuat iklan untuk memaksimalkan kreativitasnya.

Definisi Carousel

Carousel adalah sebuah format iklan yang memungkinkan Anda menampilkan beberapa gambar/video, judul dan tautan atau ajakan bertindak dalam 1 iklan.

Fungsi Iklan Carousel

Adapun fungsi iklan carousel adalah untuk menampilkan produk, detail produk, dan menampilkan kreasi iklan Anda secara berkala.

Contoh Desain Promosi Carousel yang Kreatif

Berikut adalah contoh iklan carousel Amazon.com yang muncul di halaman pertama google chrome.

Gunakan Landing Page pada “Home” Situs Website Anda

Landing page adalah sebuah halaman website yang pertama kali dikunjungi. Bagus tidaknya suatu landing page akan berdampak langsung pada tingkat penjualan.

Pelajari Teknik Copywriting

Teknik copywriting adalah teknik penulisan hypnowriting yang dapat membius pembacanya untuk bertindak. Dengan menerapkan teknik copywriting yang tepat, akan mampu meyakinkan pembaca dan membuatnya melakukan tindakan.

Cari Jasa Copywriting Berkualitas Melalui Situs Freelancer Terpercaya

Jika Anda merasa kesulitan membuat artikel copywriting , jangan khawatir, ada banyak situs Freelancer Terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa copywriting, seperti Sribulancer, Project, Upwork, Freelancer Indonesia, Fastwork, dan lain-lain.

Promosikan Artikel Landing Page Anda pada Facebook dan Instagram

Setelah mendapatkan artikel landing page dengan teknik copywriting yang tepat, Anda bisa mempromosikannya dengan menggunakan media Facebook dan Instagram.

Promosi Online

Buat Situs Website untuk Promosi Online Anda Menjadi Berlangganan

Banyak cara untuk mempromosikan produk Anda, salah satunya dengan berlangganan lewat email (email newsletter). Cara ini terbilang cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan sekaligus menjaga agar tidak kehilangan pelanggan.

Gunakan Bantuan Plugin untuk Berlangganan Via Email

Pembaca dapat berlangganan artikel di situs web Anda cukup dengan bantuan plugin berlangganan via email. Selanjutnya, pembaca akan mendapatkan pemberitahuan via email apabila ada konten terbaru yang masuk.

Cara Memasukkan Plugin untuk Berlangganan Via Email

Untuk memasukkan plugin berlangganan via email, Anda dapat memanfaatkan layanan dari Feedburner.

7 Plugin untuk Berlangganan Terbaik Via Email

Berikut 7 plugin untuk berlangganan lewat email terbaik yang harus Anda gunakan:

  • Plugin Newsletter
  • Plugin Email Newsletter
  • Plugin MailPoet Newsletter
  • Plugin SendPress Newsletter
  • Plugin Simple Subscribe
  • Plugin Email Subscribers
  • Feedburner Email Subscription.

Pasang Blog Pada Website Promosi Online Anda

Blog pada website di sini berfungsi sebagai sarana pemasaran yang efektif untuk mempromosikan produk Anda secara online.

Fungsikan Blog Sebagai Media untuk Berbagi Tips, Panduan, dan Informasi Lainnya

Optimalkan fungsi blog Anda sebagai media untuk berbagi tips, panduan, dan informasi penting lainnya seputar produk yang ingin Anda promosikan.

Promosikan Produk Online Anda

Selain memanfaatkan banner promosi, promosi produk lewat blog juga dapat dilakukan melalui tulisan. Anda juga bisa menampilkan banner promosi di dalam tulisan Anda.

Jelaskan Manfaat Produk yang Akan Anda Promosikan

Dalam mempromosikan produk, Anda harus menjelaskan sedetil-detilnya manfaat apa saja yang didapatkan dari produk yang Anda promosikan.

Daftarkan Produk Anda Pada Google

Anda bisa membuat akun dengan cara mendaftar ke Google Ads untuk memulai menjangkau konsumen baru dengan iklan online yang disesuaikan dengan sasaran dan anggaran bisnis Anda.

Cara Mendaftarkan Produk Anda Menjadi Google AdWords

Cara mendaftarkan produk Anda di Google AdWords:

  • Masukkan email untuk login ke akun Google Ads baru, jika Anda sudah memiliki akun google, gunakan alamat email google Anda. Jika belum memiliki, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu
  • Masukkan alamat situs web untuk produk yang akan dipromosikan
  • Klik “Lanjutkan”
  • Masuk ke akun google yang sudah ada/buat akun baru dan klik Google Ads,  dan lanjutkan sesuai petunjuk.

Apa Sajakah Manfaatnya?

Manfaat yang didapat dengan mendaftarkan produk Anda di Google Ads:

  • Meningkatkan omset penjualan
  • Mendapatkan pengunjung yang sesuai dengan target bisnis Anda
  • Meningkatkan reputasi website sesuai SEO.

Contoh Iklan Google AdWords yang Menarik Perhatian untuk “Klik”

Berikut adalah contoh iklan Google Adwords ketika Anda mengetikkan “Hotel di Bali” pada search engine:

Rencanakan Jadwal Terbaik untuk Media Promosi Online Anda

Jadwal yang terencana dengan baik dapat membuat promosi online Anda berjalan maksimal sesuai harapan.

Berapa kali Posting/Update Status dalam 1 Hari?

Memilih waktu yang tepat untuk memposting di media sosial dan menentukan berapa kali posting dalam 1 hari juga tidak kalah pentingnya. Jika Anda sudah menguasai triknya, hal tersebut dapat meledakkan usaha online Anda.

Berapa Kali Membuat IG/Facebook Story?

Pada umumnya membuat IG/Facebook Story dilakukan 1-2x dalam setiap harinya. Hal ini dikarenakan, seseorang biasanya kesulitan untuk membuat konten berkualitas lebih dari 2x dalam sehari.

Pilih Media (Gambar, Video, atau Link) yang Paling Sesuai dengan Post Anda

Anda dapat menentukan media yang akan digunakan yaitu: gambar, video, atau link, tentunya yang paling sesuai dengan post Anda.

Jangan Remehkan Fungsi Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan memegang peranan yang penting. Selain untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen, juga untuk mengetahui kepuasan pelanggan seputar produk yang dipromosikan.

Mintalah Testimoni dari Pelanggan Setia Pengguna Produk Anda

Seorang pelanggan setia biasanya bersedia menyebarkan info seputar produk Anda, dan akan menjadi pembeli selanjutnya. Ini dapat membantu mengembangkan usaha Anda.

Buat Sorotan pada Instagram Anda

Dengan membuat sorotan pada instagram Anda yang berisi kepuasan pelanggan dan kelebihan produk, diharapkan mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan, serta menjaring konsumen baru yang lebih banyak lagi.

Buatlah Demo Video yang Menarik Tentang Kualitas Produk Anda

Membuat demo video yang menarik tentang kualitas produk yang Anda promosikan dapat meningkatkan omset penjualan.

Cara Promosi Online

Jagalah Komunikasi Anda dengan Pelanggan

Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan akan berpengaruh pada aspek psikologi pelanggan untuk jadi atau tidak jadi membeli produk yang kita jual.

Pancing Pelanggan untuk Aktif Berkomunikasi

Berikan kesan pertama yang bagus pada pelanggan, dan pancinglah dengan pertanyaan-pertanyaan menarik seputar produk ataupun kepuasan pelanggan. Ajaklah pelanggan untuk selalu aktif berkomunikasi.

Selalu Update untuk Membalas Chat dan Komentar dari Pelanggan

Sesibuk apapun Anda, usahakan selalu update untuk membalas chat dan komentar dari pelanggan setiap harinya.

Fungsikan WhatsApp Sebagai Media Chat Anda

Anda dapat menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media chat Anda dengan pelanggan.

Tarik Pelanggan dengan Memberikan Diskon dan Promosi Khusus

Strategi diskon dan promosi khusus adalah taktik paling umum yang dilakukan oleh pebisnis dalam promosi online.

Promosi online Berjangka Waktu

Anda dapat menggunakan promosi berjangka waktu, misalnya: promosi sampai akhir tahun (31 Desember), promosi tengah bulan (setiap tanggal 15-25 setiap bulannya), atau promosi di hari-hari besar Nasional (Natal, Tahun Baru, Lebaran)

Kupon Diskon untuk Pembelian Partai Besar

Nah, cara ini paling diincar oleh pelanggan dimanapun Anda melakukan promosi online. Kupon diskon untuk pembelian 1000 produk, 100 produk, atau selusin produk untuk item yang harganya lebih mahal.

Kalkulasikan Diskon dan Promosi Khusus Anda (jangan sampai merugikan Anda)

Seberapa pun berhasilnya promosi online Anda berkat bantuan promosi dan diskon khusus, tetaplah bijak dan kalkulasikan secara teliti oleh akuntan handal dalam bisnis Anda.

Persiapkan Back-end pada Website Anda

Back-end adalah bagian dari sebuah website yang digunakan untuk mengelola website Anda secara keseluruhan yang hanya bisa diakses oleh admin atau orang tertentu yang memiliki kewenangan.

Apa itu Back-end?

Back-end adalah sebuah tampilan khusus bagian belakang website Anda. Lalu apakah fungsi utamanya?

Apa Sajakah Fungsinya?

Back-end dan front-end bekerja sama dalam membuat sebuah tampilan dengan teknologi terbaik dalam website Anda

Bagaimanakah Back-end Berpengaruh Pada Promosi Online Anda?

Ketika seseorang melakukan pemesanan melalui website Anda, maka perangkat lunak bagian back-end ini akan membuat entri baru di database website yang berisi informasi tentang pesanan Anda seperti: item, harga, dan alamat pengiriman barang.

Promosikan Produk Anda dengan Eksternal Link

Sebuah website akan banyak dilihat jika berada pada halaman utama search engine. Salah satu cara jitu untuk berada di sana adalah dengan menggunakan eksternal link.

Buat Artikel Seputar Produk di Website Lain yang Mengarah pada Website Anda

Anda bisa meminta pemilik website lain untuk membuat sebuah artikel dengan eksternal link ke website Anda. Minta bantuan teman dekat atau kenalan Anda, tetapi jika tidak ada, Anda bisa menyewa jasa penulis artikel dengan harga yang terjangkau dengan budget Anda.

Gunakan User Generated Website

Alternatif lain adalah menggunakan user generated website dengan rating bagus di Google seperti Kaskus, Spice, Vebma, Medium, Kumparan, Kompasiana, Brilio.net, dan IDN Times.

Pastikan Artikel Tersebut Lolos Kurasi Editor dan Tayang di User Generated Website

Jika Anda memilih menyewa penulis artikel, pastikan bahwa artikel tersebut lolos kurasi editor dengan meminta link-nya.

Daftarkan Bisnis Anda di Google

Bagi pebisnis, memiliki sebuah toko fisik adalah keharusan. Apalagi di zaman sekarang ini di mana teknologi serba canggih, seseorang bisa dengan mudah menipu melalui marketplace-nya. Hindari hal tersebut dengan mendaftarkan bisnis Anda.

Daftarkan di Google Places

Kabar baiknya, kini Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda di Google Places melalui opsi Google My Business (Google Bisnis)

Daftarkan di Yahoo!

Selain Google masih ada Yahoo! Sebagai portal terbesar di Internet dan merupakan mesin pencarian tertua. Beberapa fitur andalan Yahoo! Adalah surat-menyurat modern, menyediakan beberapa fasilitas gratis, dan sudah ada di banyak negara.

Daftarkan di Microsoft Bing

Bing.com merupakan mesin pencari web milik Microsoft yang launching 1 Juni 2009. Saat ini, bing.com sudah digunakan oleh 9,5% pengguna internet dengan mesin pencari.

Promosi Online Multimedia di Youtube dan Flickr

Multimedia diklaim sebagai cara yang paling efektif untuk mempromosikan produk dengan menggunakan media sosial. Anda bisa memanfaatkan media Youtube dan Flickr dalam prakteknya.

Optimalkan Video Produk Anda di Youtube

Tidak ada yang akan memungkiri bahwa Youtube sudah kebanjiran penggunanya. Dilansir dari kompas.com, menurut CEO Youtube, Susan Wojcicki, ada 1,8 Milyar pengguna yang terdaftar setiap bulannya. Mengapa Anda tidak memanfaatkan promosi Anda di sini?

Optimasikan Foto Anda dengan Flickr

Cara promosi online gratis yang bisa Anda gunakan adalah dengan Flickr. Sebagai platform tempat berbagi foto, Anda dapat mengoptimalkan produk Anda dengan membagikan foto produk Anda di sini. Jangan lupa maksimalkan dengan backlink website Anda.

Pastikan Youtube dan Flickr Terhubung dengan Situs Website Anda

Jangan lupa untuk memastikan website Anda selalu terhubung dengan Youtube dan Flickr.

Optimasi SEO pada Website Anda

Sebuah teknik untuk mengoptimalkan peran website pada search engine disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Ada tiga cara yang bisa Anda gunakan, yaitu:

Beli Buku Panduan Seputar SEO

Belajarlah mulai dari diri-sendiri. Tidak paham perihal SEO? Tidak mengapa. Anda masih bisa belajar dari pakarnya. Belilah beberapa buku panduan SEO dan mulailah belajar dari sana.

Gunakan Jasa Optimasi Page Speed Profesional

Agar lebih optimal, Anda bisa menggunakan jasa optimasi page speed profesional yang dapat dengan mudah Anda temukan melalui search engine.

Gunakan Keyword Pada Setiap Artikel Blog Anda

Maksimalkan optimasi SEO Anda dengan menggunakan kata kunci atau keyword pada setiap artikel blog dalam website Anda.

Pasanglah Iklan Produk Anda di Media Elektronik

Ada 2 media elektronik yang bisa Anda gunakan yaitu Radio dan TV. Maksimalkan promosi online Anda dari sini.

Pasang Iklan di Radio

Tidak banyak yang tahu bahwa lebih dari 50% pendengar radio adalah konsumen di masa depan. Saat ini, 4 dari 10 orang pendengar radio mulai beralih mendengarkan radio melalui mobile phone.

Pasang Iklan di TV

Jika bisnis Anda berkembang pesat, jangan ragu untuk memasang iklan di TV. Memang, Anda perlu budget yang lebih besar, tetapi bukankah keuntungan yang Anda peroleh akan jauh lebih besar pula?

Perhatikan Durasinya

Perhitungan iklan di media elektronik baik Radio maupun TV adalah berdasarkan durasi. Perhatikan durasinya bila Anda ingin menekan budget yang Anda miliki.

Bergabunglah dengan Komunitas Online dan Berkontribusilah!

Layaknya sebuah bisnis, memiliki kompetitor adalah hal yang wajar. Dari mereka, Anda bisa belajar mengasah kemampuan dan menambah wawasan. Bagaimana cara menemukan kompetitor Anda?

Carilah Komunitas Online yang Relevan dengan Bisnis Anda

Temui mereka dalam sebuah komunitas online yang relevan dengan bisnis Anda. Selanjutnya, ambil hati para anggota mereka dengan beberapa cara jitu.

Ambil Hati Members Komunitas dengan Tips, Panduan, atau Informasi

Cara jitu yang bisa Anda gunakan adalah dengan memberikan tips, panduan, atau informasi berupa PDF, ebook, atau video tutorial.

C. Promosikan Produk Anda secara Pasif

Selanjutnya, kira-kira 5 hari berikutnya, Anda bisa mulai mempromosikan produk Anda di komunitas tersebut dengan metode soft selling.

Daftarkan Produk Anda di Google Play Store

Jika website Anda sudah teroptimasi dengan blog berisi tips, panduan, dan informasi. Anda bisa mendaftarkan produk Anda di Google Play Store. Berikan tautan pada website, bahwa pelanggan juga bisa mengunduh aplikasi Anda di Google Play Store.

Bagaimana Cara Mendaftarkannya?

Cara cepat mendaftar di Google Play Store:

  • Masuk ke halaman play.google.com/apps/publish
  • Login menggunakan akun google
  • Masuk ke bagian Accept Developer Agreement dan centang box persetujuan
  • Isi detail kartu kredit untuk membayar biaya registrasi sebesar $25 (sekitar Rp. 260.000)
  • Verifikasi pembayaran

Apa Sajakah Manfaatnya?

Mengingat begitu banyak pengguna ponsel Android, maka mendaftarkan produk Anda di Google Play Store merupakan investasi digital yang mampu mendatangkan keuntungan di masa depan.

Beberapa Contoh Promosi Online yang Sudah Masuk di Google Play Store

Anda bisa mengikuti kisah sukses mereka di Google Play Store:

  • Pak Tani Digital
  • Club Alacarte
  • Ruang Guru
  • Medium
  • IKEA Store

Promosi Online Produk Anda di Marketplace

Marketplace dikenal sebagai tempat orang menemukan, membeli, juga menjual barang baru atau barang second.

Pilih Setidaknya 3 Marketplace Terbaik Sebagai Tempat Promosi Anda

Maksimalkan promosi online Anda di sini, pilih setidaknya 3 marketplace terbaik yaitu: Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli.com.

Siapkan Foto Terbaik Produk Anda

Setiap marketplace selalu mengedepankan foto produknya. Hindari mengambil foto dari Google, sebaiknya Anda memfoto produk Anda sendiri dari berbagai sudut. Perhatikan juga resolusi foto Anda, jangan sampai foto pecah-pecah apalagi buram.

Jika Diperlukan, Sewa Jasa Admin untuk MarketPlace Anda

Memiliki minimal 3 marketplace sebagai tempat promosi online Anda, tentunya membutuhkan tenaga yang ekstra. Jika Anda terlalu lelah, Anda bisa menyewa jasa admin. Pilihlah jasa admin yang benar-benar telah berpengalaman sehingga mampu menaikkan omset pembelian produk Anda.

Nah, itu tadi 20 cara ampuh yang benar-benar jitu dan terbukti mampu mendongkrak penjualan Anda. Siapkah Anda memulainya?