Kategori
Linkedin Marketing Cara Promosi

5 Strategi LinkedIn Marketing untuk Meningkatkan Binis Anda

Platform LinkedIn pada awalnya hanya dikenal sebagai tempat pencari kerja dan mencari para profesional.

Namun, tahukah Anda kini LinkedIn telah berkembang sebagai platform pemasaran digital yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda?

Tidak hanya mencari koneksi yang prospek, tetapi juga membangun kemitraan, menciptakan branding hingga meningkatkan strategi pemasaran digital.

Pada intinya, ia adalah jaringan sosial media profesional. Tetapi, tidak sama seperti Facebook, Twitter atau Instagram, LinkedIn memiliki strategi yang berbeda.

Lantas, bagaimana strategi meningkatkan bisnis Anda? Berikut adalah 5 jalur pintas pemasaran digital yang bisa Anda gunakan untuk menemukan pelanggan potensial baru, membuat koneksi baru, hingga akhirnya bisa meningkatkan bisnis Anda.

Temukan pelanggan yang relevan

Soal penargetan audiens bisnis, LinkedIn tak perlu diragukan lagi. Dunia pemasaran digital membutuhkan sasaran audiens yang tepat dan efektif.

Ini artinya pemasaran Anda akan membidik pelanggan yang benar – benar ingin membeli dan tertarik.

Sebagai contoh, jika bisnis Anda ingin menjual software untuk UKM, Anda bisa mengatur kampanye iklan yang hanya akan ditampilkan pada bisnis di bawah 100 karyawan berlokasi di Indonesia.

Mempertahankan pelanggan potensial

Setelah berhasil menemukan pelanggan potensial di LinkedIn, tetap menjaga hubungan baik dengan klien Anda.

Manfaatkan fitur LinkedIn seperti update status harian dan posting blog mingguan untuk menonjolkan brand bisnis Anda.

Tak lupa, kirimkan email bulanan yang berisi berbagai informasi dan pemecahan masalah untuk pelanggan. Sehingga konten ini berpotensi lebih besar untuk dibagikan atau di-share ke pelanggan lain.

Yang tak kalah penting, Anda bahkan bisa menawarkan berbagai promosi, diskon, webinar, atau voucher gratis.

Gunakan Sponsored Updates

Fitur Sponsored Updates, bisnis akan membayar setiap posting yang tampil ke individu. Fitur “bayar per klik” atau “bayar per 1.000”, Anda bisa mengidentifikasi promo berdasarkan demografi audiens (lokasi, jenis kelamin dan usia).

Akan tetapi, keunggulan promo di LinkedIn ini dapat menyesuaikan berdasarkan nama perusahaan, jabatan, fungsi pekerjaan, skill, sekolah dan komunitasnya.

Pengusaha bisa menargetkan industri tertentu yang potensial, tanpa bersaing dengan perusahaan lain yang tidak relevan.

Melalui Sponsored Updates LinkedIn, perusahaan dapat menargetkan audiens khusus, dan meningkatkan pengunjung situs web. Bahkan apabila konten cukup menarik, bisa mendorong prospek penjualan.

Bergabung dan aktif dalam grup

Pengusaha atau pemilik UKM, bisa mencoba bergabung dengan grup yang relevan dengan demografi target audiens mereka.

Dengan cara ini, Anda bisa langsung “mendengarkan” apa yang dibicarakan audiens, bahkan Anda juga bisa berinteraksi atau menawarkan saran dan sedikit memasukkan unsur promosi bisnis Anda.

Bagian terpenting, Anda bisa mengirimkan pesan pada seluruh anggota grup meski tidak terhubung sebagai teman atau relasi. Manfaatkan fitur InMail untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan potensial Anda.

Personalisasi URL LinkedIn

Setiap orang sudah seharusnya memiliki personal link URL. Misalnya seperti http://linkedin.com/in/davideerickson.

Alamat URL pribadi ini sangat penting, terutama jika Anda memiliki kontak dengan klien potensial yang berada di lingkungan profesional.

Bila Anda berjumpa dengan relasi baru, Anda bisa memberikan alamat URL ini dengan praktis dan mereka juga bisa menemukan biodata Anda dari pencarian nama di Google.

Bisa dibilang dengan membuat URL khusus ini akan membuat profil memukau dan tampil di bagian teratas hasil pencarian.

Sudah mendapatkan inspirasi baru untuk mengembangkan bisnis Anda melalui LinkedIn?