Kategori
Pinterest Marketing Cara Promosi manfaat seo

5 Langkah Pinterest Marketing untuk Taklukkan Bisnis

Dibandingkan platform media sosial lain, Pinterest marketing memiliki konsep yang cukup unik. Pinterest menawarkan hal baru yang tidak dimiliki semua platform jaringan sosial. Yaitu membagikan ide dan inspirasi tak terbatas.

Pinterest Marketing

Bagi pengusaha dan pemasar, social media Pinterest dapat meningkatkan penjualan dan branding. Hampir 50% audiens melakukan pembelian setelah melihat pin Promosi lho!.

Jadi, jika pelanggan potensial Anda ada di Pinterest dan Anda ingin mengembangkan saluran pemasaran digital baru, maka Pinterest marketingadalah jawaban yang tepat.

Nah, saatnya merancang strategi pemasaran bisnis Anda di Pinterest, berbekal 5 langkah berikut:

Akun Bisnis Pinterest & Profile Update

Ingin membuat akun Pinterest brand Anda terlihat lebih menonjol? Ini berarti Anda harus mengubahnya menjadi Akun Bisnis. Fitur ini gratis dan mudah dibuat karena bisa dikonversi dari akun personal.

Selanjutnya, pastikan bio Anda mengandung kata kunci yang relevan untuk brand Anda. Dengan kata lain, harus selaras dengan brand dan ada penambahan kata kunci SEO agar Pinterest dan audiens bisa memahami apa bisnis Anda.

Sebagai contoh, simak strategi pinterest marketing dari Arzo Travels. Mereka bisa mendeskripsikan minat dengan sempurna dari kata kunci teratas penelusuran. Seperti “traveller wanita solo”, “inspirasi travelling”, “paket liburan terhemat”, dan sebagainya.

Selain itu, foto sampul blog ditautkan dengan papan pin untuk memudahkan audiens mengunjungi blog perusahaan mereka.

Optimalkan Situs Brand

Buatlah akses yang mudah bagi pengunjung situs untuk membuat pin dari laman Anda. Gunakan tombol “Save Button” milik Pinterest atau membuat tombol berbagi sesuai kreasi sendiri.

Selain itu, performa gambar juga tak kalah penting untuk dirancang sebaik mungkin. Pin akan bekerja optimal dengan fotografi gaya hidup.

Sebagai perwakilan brand, gambar pin sudah seharusnya berkualitas dan menyertakan beberapa foto gaya hidup.

Untuk Pinterest, dimensi gambar sebaiknya:

  • Pin memiliki lebar minimal 600 piksel
  • Rasio aspek gambar 2:3 hingga 1: 3,5

Kemudian, jika brand bisnis Anda memiliki blog, setidaknya sertakan satu gambar di Pinterest yang menunjukkan salah satu postingan blog.

Contohnya seperti Pinterest milik Green Global Travel. Mereka memasang pin gambar yang menarik perhatian di setiap entri blog. Anda dapat juga menggunakan perusahaan social media management untuk memudahkan proses Anda.

Luangkan Waktu dan Aktif Mengelola

Akun Pinterest sudah jadi? Jangan biarkan hambar tanpa aktivitas. Seperti pemasaran digital lain, Anda harus aktif mengelolanya dan meluangkan waktu.

Jadwalkan waktu khusus untuk membuat konten dan periksa pin mana yang bisa dipasang tentang brand Anda.

Saat Anda memasang pin, Anda bisa menambahkan beberapa deskripsi dan hashtag yang relevan ke dalam pin.

Hashtag ini bisa diklik seperti platform media sosial lain dan berfungsi meningkatkan hasil penelusuran.

Menganalisa Papan Pin (Pinboard)

Selanjutnya, ini saatnya menganalisa usaha Anda. Fitur analisa milik Pinterest akan memberikan Anda informasi tentang pin Anda yang sedang populer.

Jika Anda baru saja mengoptimalkan situs brand di Pinterest Marketing, periksa halaman mana saja yang paling populer dalam 1 bulan.

Pinterest juga menyediakan informasi pin mana saja yang kinerjanya terbaik dalam pencarian dan pin mana yang paling unik dari situs brand Anda.

Papan Pin Atraktif Secara Visual

Mulailah memperbanyak strategi dengan inspirasi dan ide-ide lain yang berbeda. Tengok saja papan milik Serena & Lily Color Theory. Pinterest mereka dipenuhi permainan warna yang menarik secara visual.

Saat Anda menggulirkan papan ke bawah, Anda melihat pin dikelompokkan berdasarkan warna yang sama. Manfaatkan fitur Pincode yang mirip seperti QR codes untuk brand Anda. Gunakan Pincode ini di platform media sosial lain untuk mendulang lebih banyak followers.

Kemudian, buat konten yang menarik visual dan bermanfaat bagi audiens Anda. Sebagai contoh, pin artikel “how to”, “hadiah DIY”, atau “dekorasi rumah inspiratif”. Pin ini akan menjadi pin board yang menarik daripada hard selling secara langsung.

Berapa jumlah ideal Pin yang harus disematkan setiap hari?

Patut diingat, sebaiknya Anda membuat Pin mingguan. Hari dan jam dalam seminggu tidak terlalu penting, cukup berfokus pada Pinning yang konsisten dan otentik.

Selain itu, aktivitas harian lebih baik daripada mengerjakan sekaligus seminggu sekali. Disarankan 10 – 12 Pin per hari, bukan 70 Pin seminggu sekali.

Lima pin pertama yang Anda simpan setiap hari akan diprioritaskan untuk didistribusikan. Sedangkan, Pin-pin lain tidak akan terpengaruh secara signifikan, namun berfungsi untuk membuat brand Anda tetap di papan yang relevan.

Manakah yang tepat, memposting Pin dari Pinterest atau Pin langsung dari domain Anda?

Anda mungkin ingin selalu berbagi ide dengan para followers di Pinterest setiap minggu.

Ada lebih dari 200 juta orang memakai Pinterest setiap bulan, ide-ide Anda tentu akan menginspirasi banyak orang dan audiens baru lainnya.

Jangan ragu untuk menyimpan Pin orang lain yang Anda temukan dengan ide menarik.

Anda bisa memasang Pin ke beberapa papan jika menurut Anda relevan karena Pin ini akan mendapatkan prioritas distribusi.

Selain itu, Anda boleh menautkan beberapa Pin dengan kategori yang sama.

Bahkan, disarankan untuk menyimpan berbagai gambar menarik dari berbagai jenis pengguna Pinterest lain. Jangan lupa, tambahkan deskripsi spesifik di setiap Pin untuk meningkatkan SEO.

Nah, bagaimana, sudah siap meningkatkan bisnis Anda dengan Pinterest Marketing? Selamat berbisnis.