Pengusaha atau pemilik bisnis di era digital, sudah sepatutnya mempertimbangkan Strategi Marketing Pinterest untuk kemajuan bisnis Anda. Platform media sosial berbagi ide terbesar di dunia ini memiliki kekuatan di bidang konten visual.
Terutama bagi perusahaan yang ingin memasarkan brand atau produk di antara pemasaran B2B. Namun, apakah benar Pinterest bermanfaat untuk brand bisnis Anda? Teruslah membaca untuk mengetahui 5 alasan terbaik yang perlu Anda pertimbangkan dalam Pinterest Marketing:
Table of Contents
Turut andil dalam mempengaruhi audiens agar membeli produk Anda
Para pengguna Pinterest cenderung loyal dan paling sering terlibat. Bayangkan saja, dalam satu hari ada begitu banyak gambar dan foto yang bisa Anda lihat untuk menambah inspirasi baru.
Keterlibatan ini tidak hanya dalam bentuk pin atau browsing gambar. Tetapi, mayoritas pengguna Pinterest juga sangat bergantung pada platform untuk mendapatkan info yang mempengaruhi keputusan pembelian.
Menurut penelitian oleh Millward Brown, hampir 87% pengguna Pinterest telah membeli suatu produk karena Pinterest.
Sedangkan sekitar 93% orang telah memakai Pinterest untuk merancang pembelian di masa mendatang. Ini adalah peluang emas bagi brand Anda dalam pemasaran digital.
Menetapkan standar penjualan lewat platform media sosial dengan Pin Buyable
Dengan fitur Pin Buyable, penjual memiliki kesempatan yang belum pernah ada di platform lain untuk menjual secara langsung.
Jika Anda mengaktifkan fitur Pin Buyable, maka nantinya pengguna akan melihat tombol “Beli” pada semua pin yang sudah terpasang.
Hebatnya lagi, fitur ini tidak dikenakan biaya dan mudah diterapkan. Hanya saja, sementara ini hanya tersedia untuk para pengguna Shopify dan Demandware.
Strategi Marketing Pinterest tidak membutuhkan kehadiran aktif di platform
Berbeda dengan situs jejaring sosial lain, Strategi Marketing Pinterest tidak membutuhkan investasi waktu yang signifikan.
Lalu lintas dan penjualan bisnis Anda tetap berjalan meski jumlah kerja Anda di platform ini minim.
Walaupun demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan akun Pinterest begitu saja. Tetap pastikan Anda memiliki gambar yang mudah disematkan oleh pengguna Pinterest lain dan pasang tombol Pin di situs web brand Anda.
Pinterest memiliki nilai pesanan rata-rata yang lebih tinggi daripada Facebook
Jika dibandingkan Facebook, Pinterest memiliki nilai pesanan yang lebih tinggi. Mengingat Facebook yang membanggakan tingkat konversi lebih tinggi daripada lalu lintas di Pinterest, namun tetap saja, Pinterest jauh lebih unggul dari nilai pesanan.
Seperti yang dirilis oleh Shopify, nilai pesanan rata–rata dari lalu lintas referal Pinterest adalah $58,95. Lebih tinggi 3,95 dolar daripada Facebook yang hanya meraup angka $55.
Strategi Marketing Pinterest terbuka untuk Brand
Menurut penelitian Ahalogy, terbukti bahwa para pengguna Pinterest tertarik untuk terhubung dengan brand di platform.
Jika ditanya siapa selebriti atau brand yang paling disukai dan paling ingin diikuti? Berikut adalah jawaban para pengguna Pinterest:
- 73% pengguna mengatakan mereka lebih suka mengikuti brand produk kecantikan favorit mereka daripada make-up artis favorit mereka.
- 67% mengatakan mereka akan lebih memilih untuk mengikuti brand produk bayi favorit mereka daripada pakar kesehatan bayi dan anak.
- 70% mengatakan mereka lebih suka mengikuti brand produk perawatan rambut favorit mereka daripada stylist favorit mereka
Wah, ternyata Pinterest terbukti bisa meningkatkan pemasaran brand Anda melalui jaringan media sosial.
Manakah yang mendukung Pin lebih baik, melalui penjadwalan atau disematkan secara langsung?
Jawabannya adalah tidak ada yang bisa memastikan. Karena untuk mengidentifikasi efektivitas Pin adalah melihat langsung pada analisis Pinterest Anda.
Cek konten mana yang berkinerja terbaik dengan analisis Pinterest setidaknya seminggu ekali.
Untuk mendapatkan analisis Pinterest ini Anda hanya membutuhkan akun bisnis secara gratis.
Selanjutnya, cek analisis Pinterest untuk melihat informasi tentang siapa saja orang-orang yang menjadi followers Anda, melihat Pin Anda, atau berinteraksi dengan konten Anda.
Jangan lupa, apresiasi para pengikut Anda. Pasalnya, mereka adalah anggota komunitas terbaik untuk pemasaran brand Anda di Pinterest.
Berapa jumlah papan yang disarankan oleh Pinterest?
Disarankan membuat setidaknya minimal lima papan yang spesifik untuk mengembangkan brand Anda.
Anda perlu membuat nama papan yang spesifik dan relevan dengan audiens (mengandung kata kunci yang tepat).
Misalnya, papan tentang resep makanan favorit Anda. Seperti “Hidangan pasta”, “Salad”, atau “Hidangan ayam”.
Tambahkan kata kunci dalam deskripsi papan Anda dan jangan lupa memilih kategori papan untuk membantu audiens lebih memahami konten Anda.
Jadi, apakah brand bisnis Anda sudah ada di Strategi Marketing Pinterest? Jangan lupa, tinggalkan komentar Anda ya..