Kategori
Facebook Marketing

Apa Perbedaan Iklan Facebook dan Google Adwords?

Pencarian organik masih menawarkan nilai yang berharga dalam pemasaran digital berbasis mesin pencari. Akan tetapi, iklan yang ditayangkan melalui Facebook atau Google Adwords menawarkan lebih banyak keuntungan yang sangat menggoda.

Apa sih beda Iklan Facebook dan Google Adwords?

Pencarian organik masih menawarkan nilai yang berharga dalam pemasaran digital berbasis mesin pencari. Akan tetapi, iklan yang ditayangkan melalui Facebook atau Google Adwords menawarkan lebih banyak keuntungan yang sangat menggoda.

Dengan riset, perencanaan, dan implementasi yang benar, Anda dapat langsung merasakan manfaat dari pencarian berbayar. Namun, bagi orang awam biasanya masih sulit menentukan manakah iklan yang paling ideal, Facebook atau Google Adwords? Keduanya juga memiliki kelebihan masing – masing tergantung pada tujuan bisnis, target pasar, dan budget iklan.

Sebenarnya, ada sejumlah persamaan antara iklan Facebook dan Google Adwords.

Keduanya merupakan jaringan iklan yang memiliki jangkauan terbesar di seluruh dunia. Facebook memiliki lebih dari 1,6 miliar pengguna. Sementara, Google memiliki sekitar 77 persen dari volume pencarian global.
Keduanya menghasilkan uang jika iklan yang ditayangkan diklik oleh pengunjung. Sistem ini dikenal dengan PPC atau pay per click.
Jadi, apa perbedaan antara iklan di Facebook dan Google Adwords? Simak terus ulasan menarik berikut:

Perbedaan Dasar Iklan Facebook dan Google Adwords

Perbedaan utama antara Iklan Facebook dan Iklan Google adalah keinginan atau minat pengguna dalam beriklan.

Iklan Google menargetkan pengguna yang menunjukkan keinginan saat mereka mengetik kata kunci ke dalam kotak pencarian Google. Sedangkan, Facebook tidak menampilkan iklan berdasarkan hal itu. Sebaliknya, Iklan Facebook justru akan menyesuaikan dengan minat pengguna.

Tak hanya itu, perbedaan kedua platform raksasa tersebut juga bisa dilihat dari segi jenis sasaran bisnis apa yang terbaik untuk pengguna. Iklan Facebook sangat cocok untuk membangun branding. Sementara, iklan Google sangat cocok untuk menempatkan produk atau jasa ke hadapan para pelanggan saat ia sedang mencarinya.

1. Jangkauan Periklanan

Dilihat dari segi jangkauan periklanan, dengan lebih dari 180 miliar pencarian Google per bulan, jangkauan potensial Google Adwords jauh lebih tinggi daripada Facebook.

Tidak ada yang akan menyangkal Facebook dan Google merupakan dua raksasa periklanan yang sangat penting dalam industri pemasaran digital.

2. Opsi Penargetan Unik

Selanjutnya, berbicara tentang iklan tentu tidak bisa dilepaskan dari siapa target pasar bisnis Anda? Ibaratnya, jika Anda sudah memiliki busur dan anak panah, Anda tinggal mencari tahu di mana lokasi sasaran atau hewan buruan yang harus dibidik, bukan?

Apakah target pasar Anda berada di suatu wilayah tertentu? Apakah pelanggan Anda memiliki karakteristik tertentu? Semua ini bisa dijawab dengan mengatur iklan di Facebook dan Google Adwords.

Keduanya menawarkan berbagai fitur dan metode untuk membantu pengguna menentukan target pasar yang paling ideal. Tujuannya, untuk meningkatkan nilai penjualan produk Anda.

3. Periklanan Seluler

Saat ini hampir setiap orang memiliki HP. Penggunaan perangkat seluler jauh lebih tinggi daripada penggunaan komputer atau PC. Jadi, ingatlah hal ini jika Anda ingin tahu manakah yang paling efektif, beriklan di Facebook atau Google Adwords?

4. ROI

Seperti halnya strategi pemasaran, Anda harus mempertimbangkan laba yang akan dihasilkan dari investasi iklan. Google Adwords memiliki tingkat konversi rata-rata lebih tinggi daripada iklan Facebook.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki bisnis yang masih tergolong baru atau ingin lebih meningkatkan branding produk, iklan di Facebook bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Tetapi, tidak memberikan penjualan yang tercepat seperti Google Adwords.

Luangkan waktu untuk memeriksa kembali apa target pasar bisnis Anda? Pilih iklan yang paling sesuai dengan model bisnis Anda.

Itulah beberapa info tentang perbedaan iklan di Facebook dan Google Adwords. Semoga bisa membantu Anda agar lebih mudah menentukan iklan manakah yang paling cocok untuk bisnis Anda.