Kategori
Cara Promosi Facebook Marketing

Membuat Iklan Produk di Facebook Yang Nggak Bikin Boncos

Mengapa Facebook begitu dicintai? Facebook menjelma sebagai platform jejaring media sosial yang paling efektif untuk menjangkau calon konsumen potensial Anda.

Berikut adalah aneka tips membuat Iklan produk di Facebook yang oke banget, menghasilkan dan tidak boncos.

Pemasaran digital semakin ramai dengan berbagai platform untuk promosi brand. Salah satu raksasa untuk industri periklanan adalah Facebook. Mengapa Facebook begitu dicintai? Facebook menjelma sebagai platform jejaring media sosial yang paling efektif untuk menjangkau calon konsumen potensial Anda.

Jika Anda belum memasarkan produk atau jasa Anda di Facebook, segera buat halaman bisnis di Facebook. Berikut ini akan kami bagikan beberapa tips ampuh untuk meningkatkan performa iklan Anda di Facebook:

1. Tentukan calon pelanggan potensial

Langkah pertama adalah menentukan siapa target pasar bisnis Anda? Siapa pelanggan yang paling ideal? Facebook dengan mudah akan mengenali mereka. Buatlah profil bisnis Anda untuk mengenal siapa pelanggan yang paling ideal. Ini adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan yang tepat di Facebook.

Misalnya, mulai pencarian berdasarkan usia, jenis kelamin, hobi, perilaku, informasi psikografis dan sosial ekonomi. Dengan mengenal target pasar Anda, maka akan lebih mudah menyampaikan kampanye iklan di Facebook.

2. Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Dengan berbagai data pelanggan yang sudah dikantongi, ditambah fitur – fitur interaktif dari Facebook, Anda bisa melakukan berbagai tindakan untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Misalnya, Anda bisa menjawab keluhan dan komentar para pelanggan secara langsung untuk menjaga dan mempertahankan hubungan bisnis yang positif dengan pelanggan.

Bahkan, fitur terbaik dari iklan Facebook saat ini adalah mampu memanfaatkan dan mengolah data pelanggan Anda agar sesuai dengan pelanggan baru di Facebook. Jadi, Anda tinggal memasukkan target pasar atau calon konsumen ideal ke Facebook, dan algoritma Facebook yang akan secara otomatis menyusun daftar pelanggan dengan karakteristik yang cocok.

3. Facebook Pixel

Manfaatkan facebook Pixel untuk menjalankan berbagai kampanye iklan. Misalnya kampanye konversi, dan kampanye katalog produk.

Untuk kampanye konversi, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menayangkan iklan hanya kepada orang – orang yang menurut Facebook cenderung mengambil tindakan tertentu di situs web Anda. Sebagai contoh, setelah melihat produk, pelanggan akan memasukkan produk ke “keranjang” belanja mereka, kemudian memeriksa dan membeli produk.

Kampanye konversi ini memungkinkan pengguna untuk membangun iklan yang dirancang untuk mencapai “events” yang diinginkan. Semakin banyak orang yang melihat konten Anda, semakin banyak produk yang ditambahkan ke keranjang dan semakin banyak pembelian.

4. Pentingnya Data dalam Membuat Iklan Produk di Facebook

Sebagian besar platform situs seperti Shopify, Woocommerce, Magento, dll, menggunakan aplikasi plug – in khusus untuk membuat umpan data produk. Nantinya, data akan diolah untuk menjalankan iklan seperti Facebook Product Catalog campaigns (PCC).

Jenis kampanye ini akan menayangkan iklan produk secara dinamis pada konsumen di Facebook. Kampanye model katalog produk yang dinamis tentu sangat menarik dan persuasif sehingga efektif untuk mendapatkan pelanggan potensial.

5. Pengujian A – Z

Yang tak kalah penting dalam merancang iklan adalah terus melakukan eksperimen dan melakukan pengujian. Facebook Pixel memungkinkan Anda untuk mengatur dan memeriksa konversi iklan menjadi sebuah tindakan yang ingin dicapai.

Dengan menggunakan informasi Facebook ini, Anda akan lebih mudah mengatur berapa besar budget yang harus dikeluarkan untuk iklan tanpa perlu menghambur – hamburkan uang demi iklan yang tidak efektif.

Nah, itu dia beberapa tips terbaik untuk membuat iklan produk di Facebook. Pada intinya, Facebook bisa menjadi sarana yang sangat ampuh untuk mendukung bisnis Anda. Facebook telah menyediakan alat – alat serta fitur yang bisa dipertimbangkan oleh perusahaan untuk membangun strategi pemasaran yang efektif dan efisien.