Kendati Twitter dan Facebook menjadi raksasa media sosial yang paling banyak digunakan untuk bisnis. Namun, Strategi Pemasaran Instagram menawarkan hal yang tak kalah bagus untuk pemasaran produk UKM.
Dengan menggunakan social media Instagram, Anda bisa bergabung dengan komunitas online yang memiliki 700 juta pengguna dan terus bertambah setiap hari. Bahkan, ada beberapa fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan promosi untuk menjangkau pelanggan.
Yuk, simak beberapa strategi yang bisa digunakan untuk memasarkan produk UKM Anda melalui Instagram:
Table of Contents
1. Manfaatkan momentum istimewa
Hari Valentine, Hari Kemerdekaan, Bulan Ramadhan atau Hari Raya bisa menjadi tema konten Instagram yang mencuri perhatian.
Jika bisnis Anda memiliki kaitan dengan event – event spesial tersebut, maka buatlah konten dan hashtag khusus untuk merayakannya.
Sebagai contoh, saat Hari Kemerdekaan 17 Agustus, restoran cepat saji dapat membuat menu spesial pizza merah putih gratis untuk pembelian sejumlah produk minimal tertentu.
Para pengguna Instagram dapat menggunakan hashtag tertentu untuk menemukan apa yang ingin mereka cari di Instagram dengan mudah.
Oleh karena itu, tentukan hashtag dengan bijak agar bisa mendapatkan lebih banyak follower di luar sana yang sedang mencari produk yang ditawarkan.
Misalnya, seperti promo Hari Kemerdekaan di restoran pizza dapat menggunakan hashtag #PizzaKemerdekaanJKT, #PizzaPahlawanSBY, dan sebagainya.
2. Ajak followers berpartisipasi dalam Strategi Pemasaran Instagram Anda
Tak peduli apakah jumlah followers Anda masih 500 atau 50.000 orang, sangat penting untuk melibatkan mereka dalam setiap konten.
Pendapat followers sangat penting bagi pertumbuhan bisnis Anda. Dengan melibatkan followers dalam proses pengambilan keputusan, Anda akan mendapatkan lebih banyak saran dan masukan konstruktif.
Selain itu, Anda akan semakin memperkuat hubungan atau interaksi dengan para pengikut sekaligus calon pelanggan Anda.
Contohnya, jika Anda pemilik bisnis kedai kopi, Anda bisa mendapatkan lebih banyak inspirasi dengan menanyakan pada followers, kira – kira apa jenis varian rasa kopi yang saat ini mereka sukai? Atau adakah varian kopi terbaru yang ingin mereka lihat di menu?
Dengan begitu, Anda bisa memahami apa sebenarnya keinginan para pelanggan dan meningkatkan bisnis Anda.
3. Cross promotion dengan rekanan bisnis
Buatlah kolaborasi dengan melakukan promosi silang (cross promotion) bersama perusahaan lain atau influencer.
Contohnya, jika Anda memiliki bisnis UKM kerajinan tangan perhiasan perak, Anda bisa berkolaborasi dengan selebriti atau influencer yang suka berbagi gaya atau mode untuk membuat konten berkualitas di akunnya.
Selain itu, tidak ada yang bisa menarik minat pelanggan potensial selain promo gratis, diskon atau penawaran menarik lainnya.
Jika produk UKM Anda masih tergolong produk baru atau dalam tahap diperkenalkan ke masyarakat luas, maka promosi dengan waktu terbatas di Instagram akan sangat efektif meningkatkan penjualan.
4. Apresiasi loyalitas pelanggan
Tunjukkan penghargaan Anda kepada followers atau pelanggan dengan memberikan hadiah, hampers atau giveaway. Ingatlah untuk selalu kreatif dan tidak berlebihan.
Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis UKM produk makanan camilan atau oleh-oleh. Anda bisa meminta followers untuk mengunggah foto pose bersama produk camilan Anda dengan menyertakan hashtag yang sudah ditentukan. Pemenang yang terpilih bisa mendapatkan hampers produk gratis seharga Rp100k atau Rp 200k.
Tujuan memberikan penghargaan ini bukan hanya menarik minat para pelanggan baru, tetapi juga mempertahankan para pelanggan tetap yang sudah loyal membeli produk Anda selama ini. Anda dapat menggunakan social media management untuk melakukan ini secara otomatis.
Buatlah cara – cara kreatif lainnya agar Instagram Anda tampil lebih menarik bahkan berpotensi viral di jagad media sosial.
**
Teruslah bereksperimen dan menemukan momen – momen terbaik dengan Strategi Pemasaran Instagram untuk memikat para pelanggan dan memasarkan produk bisnis UKM Anda.