Ada kalanya strategi iklan google ads anda, tak ubahnya seperti permainan catur yang kompetitif. Para pemasar harus memiliki siasat dan senjata masing – masing agar tetap menjadi yang terdepan.
Sedikit strategi PPC akan membuat iklan Anda lebih efektif mencapai target.
Table of Contents
Berikut 5 trik iklan Google ads yang bisa Anda coba:
Riset siapa audiens Anda?
Fitur AdWords merupakan harta karun terbesar dari perusahaan teknologi raksasa, Google untuk mengumpulkan informasi berharga tentang target pasar mereka.
Idenya cukup sederhana, Google memungkinkan pengiklan menentukan siapa saja audiens pasar bisnis mereka.
Hanya dengan menargetkan audiens berdasarkan demografi, lokasi, atau perilaku saat mengakses mesin pencari Google.
Selanjutnya, Google akan meneliti para pengunjung yang aktif saat membandingkan produk atau mengeklik iklan google ads mereka.
Mereka akan memanfaatkan data ini untuk membantu pengiklan menjangkau calon pelanggan yang potensial.
Strategi adwords dengan iklan dinamis
Bagi para retailer, fitur ini sangat layak dicoba. Para pengiklan dapat menentukan produk mana yang dilihat audiens dan menayangkan iklan tersebut secara berulang.
Dengan kata lain, Google mencoba untuk memberikan apa produk yang diinginkan audiens.
Sebagai contoh, jika Anda sebelumnya pernah mengeklik iklan T-shirt, tapi belum sampai ke tahap membeli. Maka, saat Anda beralih melihat situs lain, iklan T-shirt ini akan tetap tampil.
Kemungkinan besar, jika audiens memang tertarik dan menunggu saat yang tepat untuk membeli, suatu saat ia akan benar – benar berbelanja dan membayarnya.
Mengeset waktu iklan
Urgensi menjadi bagian penting dalam iklan yang berkinerja tinggi. Sayangnya, tidak semua marketer memiliki waktu untuk terus duduk di depan komputer dan menjalankan promosi.
Itulah sebabnya, iklan google ads memperkenalkan serangkaian skrip yang bermanfaat dan mudah dipahami sekalipun oleh copywriter pemula.
Dengan Adwords, pengiklan bisa mengeset waktu tayang iklan sesuai kebutuhan. Contohnya, iklan dimulai hari ini hingga 14 hari.
Bahkan, Anda bisa menggunakan strategi iklan berdasarkan jam. Misalnya, “Webinar dimulai 2 jam lagi, jangan lupa untuk menyiapkan kursi Anda!”
Karena memiliki keterbatasan waktu, audiens umumnya akan mempersiapkan diri untuk membeli sebelum masa promo iklan habis.
Dengan begitu, strategi Adwords ini akan menguntungkan pembaca karena lebih real-time dan mudah disesuaikan dengan promosinya.
Jadwalkan iklan agar sesuai dengan waktu audiens berbelanja
Perbedaan waktu dan budaya membuat pengaturan iklan di berbagai wilayah juga seharusnya berbeda.
Untuk memaksimalkan keuntungan iklan, fitur Adwords dilengkapi pengaturan jadwal iklan berdasarkan waktu audiens cenderung berbelanja.
Pengaturan ini akan sangat berguna jika, katakanlah sekarang kantor Anda berlokasi di Indonesia, sementara prospek produk Anda sangat prospek di Amerika Serikat.
Google Adwords memungkinkan iklan untuk ditampilkan pada waktu – waktu tertentu dalam sehari di suatu negara/lokasi.
Di mana waktu tersebut merupakan waktu yang cenderung paling sering dipakai audiens di negara – negara tertentu untuk membeli produk Anda.
Menyiasati para pesaing yang menghamburkan budget iklan Anda
Jangan mau membayar klik yang dilakukan oleh para pesaing Anda. Manfaatkan fitur yang dapat memblokir IP para pesaing bisnis.
Caranya cukup mudah. Pertama, tentukan alamat IP pesaing Anda. Kemudian, masuk ke menu pengaturan Adwords dan tambahkan alamat – alamat IP para kompetitor.
Langkah ini akan membuat iklan tidak akan pernah ditampilkan pada komputer yang beralamatkan IP tersebut.
Nah, itu dia beberapa kunci Adwords untuk merebut persaingan pasar. Siapkan strategi dan kartu rahasia Anda untuk membuat iklan bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Good luck!
Kenapa Harus Menggunakan Google Adwords? Ini 5 Alasannya
Pada awal dirilis 23 Oktober 2000, program pemasaran Google hanya berambisi untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.
Namun, setelah satu dekade berlalu, tak disangkan ternyata Google mampu mengubah cara pemasaran secara online ke level selanjutnya dengan meraup laba $42 miliar.
Hari ini kita mengenalnya dengan Google Adwords. Dan Adwords sudah menjadi bagian penting dalam pemasaran bisnis online yang sukses.
Bila Anda masih awam dengan Adwords, sebenarnya ini adalah layanan berbayar per klik untuk menjalankan iklan bisnis Anda. Iklan bisnis Anda akan ditampilkan pada hasil pencarian Google.
Bila kata kunci pencarian relevan dan cocok dengan audiens target, Anda bisa berpeluang menjangkau calon pelanggan potensial yang berminat untuk membeli produk Anda.
Mulai tertarik dengan Adwords? Berikut 5 alasan mengapa pebisnis harus menggunakan Adwors untuk pemasaran:
Dapat Dianalisa dan Fleksibel
Sebagai saluran pemasaran online yang mutakhir, Adwords dapat memungkinkan pengiklan mengukur secara tepat apa yang membuat iklan naik dan turun peringkat.
Masukkan PPC Adwords yang dilengkapi fitur dan beragam metrik PPC untuk mengukur efektivitas iklan Anda secara otomatis.
AdWords juga fleksibel karena memiliki bermacam opsi yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kampanye bisnis Anda. Misalnya, menampilkan iklan berdasarkan opsi jenis pencocokan kata kunci, ekstensi iklan, karakteristik demografis audiens, dan masih banyak lagi opsi lainnya.
Lebih Cepat Dari SEO
SEO bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk melihat hasilnya. Tapi, dengan Adwords, iklan akan muncul seketika dan hasilnya bisa dilihat secara instan. Seperti data pengunjung,
Dengan kecepatan ini, Anda bisa lebih mudah mengatur jadwal tayangan iklan berdasarkan kata kunci apa yang paling efektif dan kapan waktu terbaik untuk menampilkannya.
Google Ads itu Lebih Atraktif
Google terus meningkatkan AdWords karena bisa dikatakan, fitur ini adalah salah satu sumber utama pendapatannya.
Faktanya, iklan yang menyertakan foto atau video sering mendapatkan lebih banyak klik dari pengguna. Iklan-iklan yang dibuat atraktif akan lebih disukai dan berarti bisa meningkatkan laba Google.
Selain itu, Google juga memiliki Youtube yang siap menampilkan iklan Anda untuk disaksikan miliaran pasang mata di seluruh dunia.
Jadi, kenapa Anda tidak menampilkan iklan yang bisa menjangkau pasar lebih luas
Dapat Mengontrol Budget Iklan
Keuntungan lain beriklan Adwords adalah Anda bisa menetapkan biaya maksimum per hari untuk kampanye Anda.
Anda bisa mengatur budget tanpa khawatir iklan akan melebihi batas dana per kampanye. Skenario terburuknya, bisa saja jumlah iklan akan mulai menurun seiring dengan budget Anda yang mulai habis.
Akan tetapi, Anda masih bisa meningkatkan anggaran Anda kapan saja. Fleksibilitas dan kemudahan mengelola budget iklan ini sangat bagus jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak prospek dalam waktu singkat.
Mengatasi Kompetitor
Bila dibandingkan SEO, jelas Adwords sudah seribu langkah di depan soal kecepatan. Anda bisa mengungguli kompetitor Anda.
Ketika kata kunci Anda sudah muncul di halaman pertama hasil pencarian, situs bisnis Anda akan mendapatkan lebih banyak klik dibandingkan situs kompetitor lain.
Tetapi, bagaimana jika kompetitor Anda juga memakai Adwords? Tidak masalah.
Menurut Moz seperti dikutip dari laman Forbes, 80% hasil pencarian telah mengandung penempatan iklan Adwords. Tidak main-main, penempatan iklan Adwords berada di 85% bagian teratas laman hasil pencarian.
Ini berarti iklan Anda masih berada di bagian teratas hasil pencarian Google dan berpotensi besar untuk diklik para pengunjung.
**
Sudahkah Anda menggunakan AdWords sebelumnya? Jika ya, fitur apa yang menurut Anda paling efektif?
4 Tips Sukses Meluncurkan Iklan Adwords
Iklan AdWords adalah salah satu platform iklan yang paling efektif sepanjang sejarah. Dengan berbagai fitur, para pemilik bisnis besar atau kecil dapat menampilkan iklan mereka ke hadapan calon pelanggan potensial dalam hitungan jam.
Bagi para marketer yang sudah ekspert, tentu semua fitur Adwords sudah menjadi santapan sehari – hari yang siap “dilahap” kapan saja.
Namun, bagi pemilik bisnis yang masih awam atau pemula, opsi dan pengaturan yang jumlahnya cukup banyak terkadang bisa sedikit membingungkan.
Nah, Anda tak perlu pusing, berikut ini ada 4 tips sukses meluncurkan iklan Adwords untuk pemasaran bisnis Anda yang baru di tahun ini:
Bikin Struktur akun yang benar
Akun AdWords yang terstruktur dengan baik adalah suatu keharusan jika Anda ingin iklan Anda menghasilkan keuntungan.
Adwords yang terstruktur dengan baik sangat erat kaitannya dengan kata kunci, grup iklan, kampanye dan lain – lain.
Pada gilirannya, Google akan memberikan insentif atau imbalan dengan menurunkan biaya iklan.
Misalnya, jika Anda membuat iklan tentang bisnis A. Sebaiknya, bagi iklan tersebut dalam 2 kampanye. Kemudian, dalam setiap kampanye masih dibagi lagi menjadi 2 grup iklan.
Masing – masing grup iklan, kata kunci, dan iklan kampanye juga sebaiknya memiliki tema yang konsisten.
Mulai kampanye “Search network”
Search network merupakan fitur yang akan membidik calon pelanggan paling potensial untuk membeli produk atau layanan Anda.
Jadi, jangan ragu untuk memulai kampanye “Search network”. Tidak seperti fitur “Display network” yang kadang – ladang bisa mengganggu saat pelanggan sedang menjelajah situs web, “Search network” lebih memberikan solusi atas hasil pencarian.
Budget harian rendah dan biaya per klik (BPK)
Hal yang tak kalah penting untuk dibicarakan adalah masalah budget iklan. Saat meluncurkan kampanye Adwords baru, biasanya pemilik bisnis masih sulit menentukan berapa budget yang harus dibelanjakan.
Agar lebih efektif, cobalah untuk menetapkan batas budget haria Anda setengah atau seperempat dari budget harian keseluruhan, terutama untuk marketer pemula.
Tindakan ini akan memungkinkan Anda mempermudah kampanye sembari memantau bagaimana traffic berdasarkan penargetan.
Untuk kampanye CPC manual, sebaiknya juga mengatur biaya yang lebih rendah. Lalu, Anda bisa meningkatkan bidding seperlunya berdasarkan hasil pencarian kata kunci.
Teks dan gambar di iklan adwords
Sesuai namanya, Adwords merupakan kombinasi antara kata – kata dan gambar iklan yang bisa mencuri perhatian calon pelanggan.
Anda hanya memiliki kesempatan 5 detik untuk menarik para calon pelanggan untuk benar – benar mengeklik, membeli atau menggunakan produk Anda.
Sebaiknya, buat teks iklan yang berbeda – beda untuk satu kampanye. Audiens akan selalu merespon teks iklan yang unik dan kreatif.
Anda kemudian bisa menggunakan teks iklan (copy) yang paling banyak menarik perhatian audiens untuk dipasang di seluruh kampanye untuk memaksimalkan efektivitasnya.
Khusus untuk iklan google ads yang tampil di “display network”, gambar juga sama pentingnya dengan teks iklan. Gambar yang Anda pilih untuk iklan harus bisa menarik perhatian calon pelanggan agar mau mengeklik. Intinya, gambar Anda harus mampu “bersinar” dan menyisihkan jutaan kampanye iklan di luar sana.
Pilih gambar yang berkualitas yang tampak alami dan jujur mengenai produk Anda. Kemudian, Anda bisa menguji keberhasilan performa iklan ini secara kontinyu.
Siap bersaing di dunia pemasaran digital dengan iklan google Ads? Semoga sukses.