Kategori
Google Ads Adwords

Cara Menemukan Kata Kunci Negatif Adwords

Apa sih pentingnya kata kunci negatif? Kata kunci negatif memiliki peran penting untuk pemasaran digital.

Anda bisa mengecualikan beberapa kata penelusuran dari iklan agar Anda bisa lebih fokus pada kata kunci yang benar – benar relevan bagi pelanggan.

Harus membayar jumlah klik, padahal tidak ada pengguna yang membeli produk Anda tentu adalah hal yang menjengkelkan.

Dengan kata kunci yang tepat, iklan Anda bisa muncul ketika ada orang yang mengetik di mesin pencarian. Namun, apakah audiens tersebut adalah calon pelanggan Anda?

Sangat mudah untuk iklan yang tidak “difilter” muncul dalam hasil pencarian yang ternyata tidak relevan.

Sebagai contoh, Anda menjual produk tas wanita etnik. Anda memasukkan kata kunci seperti “tas wanita etnik”, “jual tas etnik wanita”, atau variasi kata –kata lain.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa hasil pencarian untuk “tas” dan “tas wanita” juga memungkinkan iklan Anda tampil?

Hal ini bisa membuat Anda rugi karena harus membayar jumlah klik, padahal sebenarnya tidak sedang dicari pelanggan potensial.

Jenis kata kunci negatif

Ada beberapa jenis opsi kata kunci negatif yang bisa dipilih. Yakni pencocokan luas negatif, pencocokan frasa negatif, dan pencocokan persis negatif.

A. Contoh kata kunci pencocokan luas negatif: sepatu lari

Apakah iklan muncul?

  • sepatu tenis warna biru : Ya
  • aksesori berlari Google : Ya
  • sepatu lari warna biru : Tidak
  • lari sepatu : Tidak
  • sepatu lari : Tidak

B. Contoh kata kunci pencocokan frasa negatif: “sepatu lari”

Apakah iklan muncul?

  • sepatu tenis warna biru : Ya
  • aksesori berlari Google : Ya
  • sepatu lari warna biru : Tidak
  • lari sepatu : Ya
  • sepatu lari : Tidak

C. Contoh kata kunci pencocokan persis negatif: [sepatu lari]

Apakah iklan muncul?

  • sepatu tenis warna biru : Ya
  • aksesori berlari Google : Ya
  • sepatu lari warna biru : Ya
  • lari sepatu : Ya
  • sepatu lari : Tidak

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menemukan kata kunci negatif yang tepat:

1. Menggunakan fitur “Search Term Report”

Carilah kata kunci yang diketik pengunjung untuk menemukan iklan Anda di hasil pencarian. Kemudian, buat pengecualian dengan kata kunci apa pun yang tidak relevan.

Misalnya, jika Anda menambahkan kata kunci “lowongan dokter hewan”, maka pastikan Anda sudah menambahkan kata kunci negatif “lowongan” atau “dokter”, sehingga Anda akan mengecualikan semua hasil pencarian dari kata tersebut.

2. Ubersuggest.org

Cara kedua untuk menemukan kata kunci negatif adalah mengetikkan kata kunci Anda ke Google atau Ubersuggest untuk menemukan semua makna alternatif dari kata kunci yang sama.

Contohnya, jika Anda memiliki kata “tukang servis AC”, kemudian dengan mengetikkan kata kunci Anda yang sama, bisa saja muncul hasil lain seperti “perusahaan tukang servis AC” atau “peralatan tukang servis AC”.

Jadi, intinya Anda mencoba mencoba mengecualikan makna atau asosiasi lain dari kata kunci itu.

3. Menambahkan area geografis

Kampanye iklan akan menjadi lebih efektif jika Anda bisa membidik calon pelanggan yang potensial.

Tambahkan area geografis seperti kota, negara, kode pos atau lokasi yang tidak akan pernah ada dalam jangkauan pemasaran bisnis Anda.

Cukup tambahkan area – area tersebut sehingga Anda bisa menghindari hasil penelusuran yang tidak relevan dan bisa mengurangi biaya klik yang berasal dari wilayah geografis lain yang berbeda.

**

Penargetan kata kunci di iklan google yang baik, bisa membuat iklan Anda tampil ke hadapan calon pelanggan yang benar – benar tertarik dan ingin membeli.

Tentunya, hal ini berujung pada peningkatan laba atas investasi atau ROI.